RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI E-SMART APLICATION MANAJEMEN MASJID BERBASIS ANDROID

Saleh Yaakub, Agesha Marsyaf, Oka Ediansa, Iqbal Fadhila Reza, Rida Priyanti

Abstract


Sistem Informasi adalah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan di Masjid Al-Mujtahidin untuk membantu proses manajemen tata kelola yang saat ini masi di kelola secara manual. Akibatnya pelaporan tidak transparan dan hanya dapat diakses oleh orang-oran tertentu saja. Dengan system Informasi manajemen ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan yang ada di Masjid.

Kegiatan Pemberdayaan kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk merancang dan membuat sistem informasi E-smart Manajemen Masjid dengan Aplikasi berbasis Android yang dapat di akses oleh semua pengurus masjid dan jamaah secara umum. Sistem ini dirancang menggunakan aplikasi android agar mudah diakses menggunakan smart phone oleh semua pemangku kepenting terhadap masjid. Sehingga Laporan keuangan, Inventaris Aset masjid, Petugas Ibadah rutin, Zakat, Infak, Sodakoh, Perpustakaan Masjid dan Informasi umum lainnya menjadi data utama dalam pengolahan system informasi tersebut.

Dalam Pemberdayaan ini akan diterapkan metode ekstraksi ciri berbasis statistis, yaitu pencarian fitur ciri kondisi layanan berdasarkan tingkat besarnya aktifitas itu sendiri dan akan disesuaikan dengan tingkat layanan yang akan diberikan pada pemangku kepentingan, Metode ini sangat ditentukan oleh kondisi kegiatan pada Masjid Al-Mujtahidin

Full Text:

PDF

References


Aplikasi, Pengembangan, and Website Perpustakaan. 2016. “Naskah Di Terima 10 Maret 2016 Dan Naskah Di Setujui 24 Maret 2016.” Jurnal It 5(1): 14–23.

Marsyaf, Agesha, and Ratih Rahayu. 2020. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan Zam Zam Sipin Kota Jambi.” Journal Development 8(1): 56–64.

Rizcha, Yasstyh Rafiezah, and Saleh Yaakub. 2023. “Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Universitas Muhammadiyah Jambi.” 8(1): 78–93.

Saleh, Saleh Yaakub. 2022. “Perancangan Sistem Informasi E-Klinik Basmallah Pada Masa Pandemi COVID-19.” Jurnal Informatika Polinema 8(2): 9–18.

Suherman, Yanni, and Erien Nada Azandra. 2021. “Jurnal J-Click Sistem Informasi Manajemen Masjid Berbasis Web.” 8(1): 32–41.

Syarif, Agus, Istiqomah Malinda, and Agesha Marsyaf. 2022. “Manajemen Sayur Dan Diversifikasi Produk Guna Meningkatkan Kemandirian Dan Kesejahteraan Keluarga Petani (Solusi Bagi Petani Sayur Dan UMKM Olahan Sayur Dalam Menghadapi New Normal Covid-19).” Jurnal Inovasi, Teknologi dan Dharma Bagi Masyarakat 2(1): 6–10.

Yaakub, Saleh, and Joni Devitra. 2017. “Sistem Informasi Manajemen Aset Berbasis Web Pada Politeknik Jambi.” Jurnal Manajemen Sistem Informasi 2(3): 610–28.

Yaakub, Saleh, Tutuk Madhrozji, and Oka Ediansa. 2022. “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengambilan Surat Cuti Kerja Berbasis Web Pada Unit Pengelola Kegiatan (Upk) Sadu Mandiri Kecamatan Sadu.” Jurnal Informatika, Sistem Informasi dan Kehutanan (FORSINTA) 1(1): 1–13.




DOI: http://dx.doi.org/10.36723/juri.v15i2.575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

 

 

 

 

 

View My Stats